THE NEW EAGLE AIR (Marinduque)
Commercial IR Multi Engine 200 hours
Commercial IR Multi Engine 160 hours
Commercial IR Single Engine 200 hours
Commercial IR Single Engine 150 hours
Indo License Conversion 2 months
Indonesia Butuh 800 Pilot Per Tahun
11 Apr 2014
Administrator

Indonesia Butuh 800 Pilot Per Tahun

Dunia penerbangan Tanah Air terus berkembang pesat. Maskapai-maskapai penerbangan pun berlomba untuk menambah jadwal atau membuka rute penerbangan baru, baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan begitu, kebutuhan pilot juga meningkat.

Industri penerbangan Indonesia tumbuh signifikan dalam satu dekade terakhir. Industri penerbangan, tumbuh dua kali lipat bahkan lebih dibandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meningkatnya kelas menengah, perubahan gaya hidup masyarakat dan semakin menguatnya daya beli membuat kebutuhan melakukan perjalanan dengan transportasi udara meningkat.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti menyatakan dunia penerbangan di Indonesia membutuhkan sekitar 800 pilot per tahun. "Kebutuhan pilot memang sangat tinggi," katanya dalam konferensi pers tentang Angkasa Aviation Academy di Tangerang, Senin (17/3).

Dia memaparkan, saat ini sudah ada 22 sekolah penerbangan di seluruh Indonesia. Herry pun berharap sekolah penerbangan itu mampu memenuhi kebutuhan pilot di Indonesia.

Apalagi, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau semakin mendukung tumbuhnya industri penerbangan. Pertumbuhan ini diyakini akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. Hal ini mendorong sejumlah maskapai nasional telah memesan ratusan pesawat dari berbagai pabrikan pesawat, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Meski demikian, satu hal yang menjadi perhatian dari banyak kalangan adalah ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Permintaan pilot setiap tahunnya tumbuh 15%, namun pertumbuhan jumlah pilot hanya 5,21 %. Belasan sekolah pilot yang ada di tanah air belum sanggup mengisi kebutuhan pilot yang besar tersebut.

Pesawat bisa dibeli dengan segera namun mencetak tenaga pilot yang handal membutuhkan waktu. Apalagi, tak lama lagi Indonesia akan memasuki Open Sky 2015. Mulai saat ini maskapai nasional harus bekerja keras untuk melebarkan sayapnya, sehingga saat Open Sky 2015 diterapkan, maskapai nasional telah siap bersaing. Untuk itu, penyediaan tenaga penerbang harus digenjot, sehingga dapat menopang maskapai dalam negeri.

Untuk itu, Eagle Air siap menyediakan dan berkomintmen tinggi untuk membekali siswanya menjadi pilot yang profesional dan siap melayani maskapai-maskapai yang ada.

Sumber Jpnn, Suara Pembaruan dan Eagle Air

 

Ubah Bahasa
Facebook Pages


Youtube Channel





Member of Vince Group
ALAMAT UNIVERSITY GATEWAY (UNIGATE)
Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y
Jakarta Utara 14440
TELEPON Office(Hunting) : +6221 66674784
Fax : +6221 6618813
Office HP : 081284659475 / 081281181151
JEJARING SOSIAL Facebook Twitter