THE NEW EAGLE AIR (Marinduque)
Commercial IR Multi Engine 200 hours
Commercial IR Multi Engine 160 hours
Commercial IR Single Engine 200 hours
Commercial IR Single Engine 150 hours
Indo License Conversion 2 months
Winglet atau Sharklet
07 Apr 2014
Administrator

Winglet atau Sharklet

Industri aviasi sejak lama disebut sebagai salah satu industri yang tidak ramah lingkungan, penggunaan bahan bakar yang sangat banyak untuk setiap penerbangan bahkan tuduhan membuang bahan bakar di laut saat ada masalah tekhnikal. Namun dalam kenyataannya kontribusi industri aviasi pada emisi karbondioksida hanya 2-3% saja. Walaupun demikian karena pesawat melepas gasnya pada ketinggian tertentu mendekati atmosfir maka memang pengaruhnya layak mendapatkan perhatian.


Harga bahan bakar yang semakin tinggi, yang juga menjadi komponen biaya di bisnis ini menjadi pendorong untuk mencari teknologi yang memungkinkan efisiensi bahan bakar dan kemungkinan untuk mendapatkan bahan bakar alternatif. Salah satu jenis gas rumah kaca yang menjadi perhatian adalah Nitrous Oxides(Nox). NOx mungkin menjadi masalah lingkungan namun dalam kenyataannya efek sebenarnya dari gas ini belum diketahui.


Menurut International Air Transport Association(IATA), biaya penggunaan bahan bakan untuk transportasi udara sudah meningkat 380% dalam sepuluh tahun terakhir. Di tahun 2001 biaya bahan bakan pesawat secara global sebesar US$43 milyar dan di tahun 2011 diperkirakan US$166 milyar.
 

Maskapai sebagai operator penerbangan mendorong pabrikan pesawat untuk mampu memproduksi pesawat yang rendah konsumsi bahan bakar dan direspon secara baik oleh para pembuat pesawat. Sebagai contoh, Airbus mulai menawakan A320 Neo dengan bentuk sayap yang dimodifikasi seperti sirip hiu (Sharklets wing) yang diklaim dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sampai 12%. Dengan riset yang lebih dalam dan platform yang benar-benar baru dapat dilakukan penghematan sampai 25%. Ke depan diharapkan semakin canggih pesawat maka bahan bakarnya pun lebih irit.

Winglet/Sharklet (penyebutan bergantung dengan istilah yang dipakai oleh produsen) adalah suatu bagian tambahan yang bisa ditambahkan pada kedua ujung sayap pada pesawat terbang. Keuntungan dari digunakannya winglet adalah meningkatnya gaya angkat dan mengurangi drag yang disebabkan oleh gaya angkat akibat vortex yang terjadi di ujung sayap. Rasio lift-to-drag pada pesawat pun bertambah dan meningkatkan kemampuan aerodinamika pesawat itu sendiri. yang ujungnya adalah meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Namun ada pula kekurangan dari penggunaan winglet. Contohnya adalah ruang parkir pesawat yang berkurang akibat bertambahnya lebar sayap dan limitasi pesawat pada angin samping yang bertambah.

 

Ubah Bahasa
Facebook Pages


Youtube Channel





Member of Vince Group
ALAMAT UNIVERSITY GATEWAY (UNIGATE)
Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y
Jakarta Utara 14440
TELEPON Office(Hunting) : +6221 66674784
Fax : +6221 6618813
Office HP : 081284659475 / 081281181151
JEJARING SOSIAL Facebook Twitter