THE NEW EAGLE AIR (Marinduque)
Commercial IR Multi Engine 200 hours
Commercial IR Multi Engine 160 hours
Commercial IR Single Engine 200 hours
Commercial IR Single Engine 150 hours
Indo License Conversion 2 months
Sekolah Pilot Investasi Masa Depan
11 Mar 2014
Administrator

Jumlah lulusan pilot di dalam negeri masih belum berimbang dengan kebutuhan perusahaan penerbangan di Indonesia yang terus berkembang.

Seiring dengan meningkatnya perkembangan bisnis internasional dibidang penerbangan, para maskapai penerbangan terus berupaya memenuhi kebutuhan dan kualitas pilot.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 242 juta orang maka tak pelak jumlah trafik penumpang udara di Indonesia dalam satu dekade terakhir telah meningkat dengan tajam, bahkan beberapa analis penerbangan di Tanah Air memperkirakan jumlah penumpang udara di Indonesia tahun 2015 akan bisa menembus 100 juta orang.

Apakah ada penempatan kerja di airline ? Secara statistik jumlah pilot yang ada sekarang masih jauh di bawah cukup Jika di hitung dari ratio pesawat dan crew. Jadi jika anda lihat secara garis besar, jika sekarangpun masih belum cukup, bagaimana dengan planning pesawat yang sedang dalam proses pembelian (GARUDA, LION, CITILINK, SKY, DLL) jadi dalam jangka 5 tahun kedepan, masa depan sebagai pilot masih sangat menjanjikan.

Menjadi pilot bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang dimimpikan. Pendapatan jauh di atas rata-rata pekerjaan lain, fasilitas yang bagus, kesempatan jalan-jalan gratis ke berbagai kota di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia adalah salah satu alasannya.

Apalagi, keadaan geografis Indonesia yang merupakan kepulauan, diiringi perkembangan industri dan peluang pasar yang begitu menjanjikan, kini hampir semua perusahaan penerbangan berlomba-lomba menambah jumlah armadanya. Sehingga kebutuhan akan pilot juga tinggi.

Menurut hitungan Ketua Federasi Pilot Indonesia, perusahaan penerbangan di Indonesia butuh tambahan sebanyak 800 – 900 pilot baru. “Karena kita masih kekurangan pilot sekitar 300-400 orang setiap tahunnya”

Lebih baik sekolah pilot Indonesia atau luar negeri?

Salah satu kendala kurangnya pasokan pilot lokal adalah, karena biaya.
Sekolah pilot tergolong mahal. Total biaya pendidikan satu pilot di Indonesia sekitar Rp 500 juta-Rp 700 juta. Kalau di luar negeri bisa sekitar US$ 33 ribu – US$ 50 ribu. Semua orang bisa menjadi pilot asal ada uang sebesar itu.
Tapi apakah benar seperti itu?

Siapapun yang berminat menjadi pilot asal memiliki biaya atau sponsor maka akan dengan mudah bisa menjadi seorang pilot komersial ?

Namun ada juga Flying School yang menyediakan cicilan bahkan hingga 60 Kali, suatu program yang sangat membantu dan menjadi solusi dalam biaya sekolah penerbangan (flying school).

Untuk menjadi pilot, seorang calon pilot yang bersekolah sekolah penerbangan (flying school) harus menyelesaikan pendidikannya di sekolah penerbangan (flying school), dimulai dari first flight, first solo, first cross country, PPL (Private Pilot License) , CPL (Commercial Pilot License), hingga Multi Engine dan Instrument Rating yang menghabiskan jam terbang sebanyak 150 jam terbang.

Bila di Indonesia, tes yang diharuskan untuk menjadi penerbang adalah tes kesehatan dan bahasa Inggris. Tapi dengan terbatasnya tempat yang tersedia di sekolah penerbang maka setiap sekolah di Indonesia mengadakan tes penerimaan yang biasanya berupa tes akademik termasuk bahasa Inggris dan mungkin juga tes psikologi serta tes bakat terbang sedangkan ada pula sekolah penerbangan (flying school) yang tidak mengharuskan di adakan nya tes untuk menjadi penerbang. Di requirement hiring airline (cari di google), tidak ada tertulis requirement tinggi badan atau mata minus, nilai rapot, lulusan IPA dll.

Mengapa memilih sekolah penerbang di Luar Negeri?

Jawabannya adalah: selain soal harga, ketersediaan pesawat yang berfungsi semua dan pelatih (instruktur) menjadi daya tarik utama. Dunia sekolah penerbangan di Indonesia, rata-rata memiliki sedikit pesawat latih atau banyak pesawat latih tetapi banyak yang tidak beroprasi dan sedikit pelatih (instruktur).

Ubah Bahasa
Facebook Pages


Youtube Channel





Member of Vince Group
ALAMAT UNIVERSITY GATEWAY (UNIGATE)
Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y
Jakarta Utara 14440
TELEPON Office(Hunting) : +6221 66674784
Fax : +6221 6618813
Office HP : 081284659475 / 081281181151
JEJARING SOSIAL Facebook Twitter