THE NEW EAGLE AIR (Marinduque)
Commercial IR Multi Engine 200 hours
Commercial IR Multi Engine 160 hours
Commercial IR Single Engine 200 hours
Commercial IR Single Engine 150 hours
Indo License Conversion 2 months
Flight Management System
28 Feb 2014
Administrator

Flight Management System

Dewasa ini,seorang penerbang tidak memiliki workload yang sama dengan penerbang terdahulu. Ini dikarenakan adanya bantuan dari system berbasis komputer yang dipasang di setiap aircraft khususnya jet engine. System itu dinamakan FMS (Flight Management System). System ini bekerja untuk mengurangi workload penerbang, dengan system ini pesawat/aircraft bisa mengantarkan dari waypoint satu ke waypoint lainnya sesuai flight plan dengan autopilot . Sehingga dalam pesawat tidak lagi memerlukan navigator ato flight engineers. FMS ini pertama digunakan oleh pesawat Boeing 767,bahkan sekarang pun FMS ini sudah digunakan di small aircraft seperti cessna 172 (yang terbaru).

FMS mempunyai navigation database yang diperlukan oleh seorang penerbang yang disimpan dalam CDU (seperti gambar 1) seperti:

- Waypoint
- Airfiled/airport
- Runway
- SID (Standart Instrument Departure)
- STAR (Standart Terminal Arrival)
- Holding point/pattern

Dan masih banyak lagi kegunaan dari FMS ini,bahkan FMS ini bisa menghitung bahan bakar (consumption fuel) dan juga Weight and Balance yang akan digunakan untuk penentuan penggunaan Flaps take-off dan landing. Pengaturan dalam flight level pun bisa disetting melalui CDU. Untuk aircarft sekarang FMS terkadang digabung kan oleh GPS seperti boeing 737-800 sehingga tidak memerlukan posisi awal sebagai acauan,ini dapat mengurangi resiko salah arah atau nyasar. Namun jika aircraft belum terpasang GPS seperti pada sebagian dari aircraft boeing classic ,maka penentuan posisi memerlukan posisi awal sebagai acuan untuk IRS (Inersia Referensi System).

Ada pun alat/panel pembantu lainnya berupa MCP (Mode Control Panel)"(seperti gambar 2)",panel-panel ini membantu pilot dalam mengatur pergerakan pesawat (heading,altitude,course,finding direction,auto throttle). Namun FMS bukannya tanpa kelemahan,system ini harus di update data base nya normalnya 28 hari. Ini harus dilakukan secara rutin,mengingat kasus 2 aircraft dari airline Adam Air yang jatuh dan nyasar. Dikarenakan kurangnya maintanance untuk FMS terutama IRS nya.
 
 
Ubah Bahasa
Facebook Pages


Youtube Channel





Member of Vince Group
ALAMAT UNIVERSITY GATEWAY (UNIGATE)
Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y
Jakarta Utara 14440
TELEPON Office(Hunting) : +6221 66674784
Fax : +6221 6618813
Office HP : 081284659475 / 081281181151
JEJARING SOSIAL Facebook Twitter