THE NEW EAGLE AIR (Marinduque)
Commercial IR Multi Engine 200 hours
Commercial IR Multi Engine 160 hours
Commercial IR Single Engine 200 hours
Commercial IR Single Engine 150 hours
Indo License Conversion 2 months
Hal-Hal yang Perlu Diketahui Untuk Menjadi Seorang Pilot
08 Dec 2014
Administrator

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Untuk Menjadi Seorang Pilot

Ketika kecil apa kita masih ingat sering ditanya begini, ”Mau jadi apa?”. Ada banyak anak yang menjawab, ”jadi pilot”. Cita-cita itu boleh saja, namun tentunya menjadi seorang pilot pesawat terbang tentu bukan perkara yang mudah. Kalaupun banyak yang bilang menjadi pilot itu enak dan bergaji besar, perlu dipikir pula, apakah hal itu seimbang dengan resiko dan proses yang harus dijalani oleh calon pilot hingga menjadi profesional.

Menjadi pilot membutuhkan keterampilan yang perlu dipelajari secara sungguh-sungguh, mengingat mengemudikan pesawat terbang tidak hanya sekedar menerbangkan pesawat terbang, namun menyangkut nyawa banyak orang juga. Untuk itu, bila ada diantara kita yang ingin menjadi seorang pilot, ada beberapa hal pula yang perlu diperhatikan.

Menjadi seorang pilotpun butuh pendidikan yang berfungsi melatih keterampilan calon pilot dalam mengemudi. Di Indonesia, jalur pendidikan tinggi untuk menjalani profesi pilot telah banyak dibuka oleh Sekolah Tinggi penerbangan ataupun maskapai penerbangan tertentu. 

Biasanya ada persyaratan yang ditentukan misalnya minimal SMA/Sederajat. Tidak semua sekolah tinggi penerbangan mensyaratkan jurusan tertentu bagi calon pilot, Ada sekolah tinggi yang menerima calon pilot dari berbagai latar belakang jurusan. Namun, bagi sekolah tinggi tertentu, ada juga yang mensyaratkan seseorang harus dari jurusan IPA, tergantung kebijakan dari sekolah tinggi tersebut.

Namun untuk Eagle Air sendiri, kita mempermudah siapapun yang ingin menjadi pilot, hanya dengan minimal umur 17, bisa bahasa Inggris ( Mengerti ), tidak buta warna dan test nya pun hanya test medical saja. Mengapa Eagle Air hanya test medical saja, tidak ada test-test lain nya? Karena pada umum nya untuk menjadi pilot maskapai itu hanya medical saja yang menentukan kalian bisa jadi pilot atau tidak nya.

Dari sisi kesehatan, banyak desas-desus dimasyarakat yang menyatakan bahwa seorang pilot harus memiliki standar tinggi badan tertentu. Bahkan ada wacana yang mensyaratkan bagi calon pilot untuk memiliki panjang kaki 1 m agar dapat menjangkau pedal kemudi. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Toh saat ini, pedal untuk mengemudikan pesawat telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengantisipasi jarak kaki pilot dengan pedal pesawat. Selain itu, wacana lain pun beredar serta menyatakan bahwa seorang pilot tidak boleh berkacamata, anggapan ini lagi-lagi tidak sepenuhnya benar. Pilot boleh saja berkacamata, namun dengan batasan tertentu yang telah disyaratkan. Namun yang menjadi catatan disini, seorang pilot tidak boleh buta warna. Mengapa demikian? Hal ini lebih mempertimbangkan kode dan tanda di pesawat yang banyak menggunakan warna sebagai pembeda. Selain itu, masalah gigi pun banyak diwacanakan di masyarakat, bahwa seorang penerbang tidak boleh memiliki gigi bolong, berlubang apalagi gigi palsu. Namun sebenarnya tidak demikian, boleh saja asalkan gigi berlubang segera ditambal dan memenuhi batasan-batasan tertentu. Namun, untuk jelasnya memang disarankan bagi calon pilot untuk berkonsultasi di Balai Kesehatan Penerbangan di masing-masing daerah.

Regard Eagle Air ( Abraham Sylvester )

 

 

 

 

 

 

 

Ubah Bahasa
Facebook Pages


Youtube Channel





Member of Vince Group
ALAMAT UNIVERSITY GATEWAY (UNIGATE)
Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y
Jakarta Utara 14440
TELEPON Office(Hunting) : +6221 66674784
Fax : +6221 6618813
Office HP : 081284659475 / 081281181151
JEJARING SOSIAL Facebook Twitter