THE NEW EAGLE AIR (Marinduque)
Commercial IR Multi Engine 200 hours
Commercial IR Multi Engine 160 hours
Commercial IR Single Engine 200 hours
Commercial IR Single Engine 150 hours
Indo License Conversion 2 months
Keterbatasan Finansial Bukan Halangan Meraih Cita-cita
18 Aug 2014
Administrator

Keterbatasan Finansial Bukan Halangan Meraih Cita-cita

Keinginan menjadi pilot sudah ada sejak kecil. Ketika itu ia sangat suka dengan film Thunderbird yang tanpa disadari telah memunculkan passion-nya pada dunia penerbangan. Setelah lulus SMA, ia pun sempat mengutarakan keinginannya menjadi pilot, kepada orang tua. Namun ayahnya tidak begitu saja mewujudkan keinginannya dengan memasukkan ia pada sekolah pilot. Keterbatasan biaya menjadi salah satu alasan, hingga akhirnya Mahendra memilih untuk kuliah di sebuah universitas di Surabaya di jurusan arsitektur. Selama kuliah keinginan itu belum juga berhenti, dan ia sadar bahwa jurusan arsitektur bukan keinginannya. Hingga setelah 3.5 tahun kuliah, meskipun belum lulus, ia memutuskan berhenti dan pindah dari Surabaya ke Jakarta. Mahendra akhirnya meminta bantuan pamannya, dan karena melihat keinginan yang sangat besar, pamannya bersedia memberikan pinjaman Rp. 180 juta untuk masuk di sekolah penerbangan Deraya Flying School. Ia pun lulus dengan lisensi PPL yang hanya bisa menerbangkan pesawat kecil. Untuk lanjut mendapatkan lisensi CPL agar bisa menerbangkan pesawat komersial, ia membutuhkan biaya lagi sekitar Rp. 200 juta. Impiannya nyaris buyar setelah kembali dihadapkan pada persoalan finansial.

Tapi Mahendra tidak putus asa. Ia mencoba menyambung hidup di Jakarta dengan berbagai profesi. Mulai dari kurir, hingga akhirnya ada tawaran bekerja sebagai ground handling di perusahaan rekanan Garuda Indonesia. Ground handling adalah orang yang bertanggung jawab menyiapkan segala kebutuhan pesawat saat di darat hingga menjelang keberangkatan. Namun kontrak kerja itu hanya pada musim haji. Dan setelah musim haji, ia kembali menganggur. Di saat sedang tidak ada pekerjaan, kebetulan di dekat tempat ia tinggal ada sebuah pool taksi Bluebird baru dibuka, dan ia pun melamar menjadi supir taksi. Semua atribut gengsi dan malu ia tinggalkan. Sambil terus berusaha mencari kesempatan melanjutkan sekolah pilot. Sempat juga mengikuti pendaftaran beasiswa dari sebuah perusahaan Australia yang mencari pilot pesawat kecil untuk mendukung kerja perusahaan minyak British Petroleum. Namun setelah lolos semua rangkaian tes, berita beasiswa itu menghilang tidak ada kabar lanjutan. Hingga pada tahun 2010, alumni SMA Negeri 16 Surabaya ini mendapat berita dari temannya tentang beasiswa dari Lion Air. Awalnya ia ragu, karena sadar bahwa usia membuat kesempatan mendapatkan beasiswa pilot semakin kecil. Namun Mahendra tetap kembali mendaftar. Dan ketika melihat pesawat latihnya di bandara Halim Perdanakusuma, keyakinan itu muncul kembali. Hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan beasiswa tersebut.

Kesimpulan
Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha dan terus berjuang meraih cita-cita. Mahendra Eka Nanda, berhasil mewujudkan impiannya menjadi seorang pilot. Dengan tidak menjadikan halangan apapun sebagai alasan untuk mundur, semua usaha sudah ia lakukan, meminta bantuan keluarga untuk membiayai pendidikannya di sekolah penerbangan, menjadi kurir hingga supir taksi. Dan setelah sekian tahun berjuang, impian itu akhirnya terwujud. Kini ia telah menjadi pilot pesawat komersial di Lion Air setelah mendapatkan beasiswa penuh dari maskapai penerbangan tersebut. Semoga cerita ini bisa menginspirasi.

Salam Eagle Air ( Abraham Sylvester )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ubah Bahasa
Facebook Pages


Youtube Channel





Member of Vince Group
ALAMAT UNIVERSITY GATEWAY (UNIGATE)
Jl. Pluit Raya No. 132 X-Y
Jakarta Utara 14440
TELEPON Office(Hunting) : +6221 66674784
Fax : +6221 6618813
Office HP : 081284659475 / 081281181151
JEJARING SOSIAL Facebook Twitter